DEWI, YUSRIKA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI-AK SMKN 2 KUALUH SELATAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7131142048_COVER.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
2. NIM.7131142048_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
3. NIM. 7131142048_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
4. NIM. 7131142048_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 7131142048_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 7131142048_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM. 7131142048_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
8. NIM. 7131142048_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
9. NIM. 7131142048_BAB I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 7131142048_BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM. 7131142048_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI-Ak SMKN 2 Kualuh Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Quantum Teaching T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 2 Kualuh Selatan yang beralamat di Jln. Besar Tanjung Pasir, Kabupaten Labuhanbatu Utara.. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Ak yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dalam 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah melalui observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar akuntansi. Sedangkan teknik analisis data yaitu dengan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I dengan kriteria skor mencapai ≥ 23 terdapat 4 (12%) siswa pada siklus II menjadi 32 (97%) siswa. Dari hasil analisis data diperoleh data hasil belajar pada siklus I yang tuntas sebanyak 14 (42%) siswa dengan nilai rata-rata 70, meningkat pada siklus II menjadi 29 (88%) siswa dengan nilai rata-rata 84 atau mengalami peningkatan sebesar 15 (46%). Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan ≥ 75% siswa memperoleh nilai ≥ 75, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mengelola administrasi kas bank pada siswa kelas XI-Ak SMKN 2 Kualuh Selatan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 193 |
Keywords: | Model pembelajaran Quantum Teaching, aktivitas belajar, dan hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:55 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37725 |