Tambun, Samuel Darwin Marcopolo (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN RANCANGAN ANGGARAN BIAYA DI SMK NEGERI 2 BINJAI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5133311027 COVER.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
2. NIM. 5133311027 APPROVAIL SHEET.pdf - Published Version
Download (584kB) | Preview
3. NIM. 5133311027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM. 5133311027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 5133311027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. NIM. 5133311027 TABLES.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM. 5133311027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM. 5133311027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
13. NIM. 5133311027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 5133311027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model Pembelajaran Tutor Sebaya yang dapat meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar menghitung Rencana Anggaran Biaya pada Indikator menghitung RAB Konstruksi Gedung dengan materi ajar menghitung volume pekerjaan persiapan, pekerjaan struktur dan pekerjaan nonstruktur. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di SMK Negeri 2 Binjai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton dengan jumlah siswa 31 orang. Dari hasil uji coba instrumen penelitian yang terdiri dari 30 soal pada siklus I terdapat 26 soal valid, indeks kesukaran soal terdapat 21 kategori soal sedang dan 5 soal mudah, uji daya pembeda tes terdapat 10 soal baik, 14 soal cukup, 2 soal jelek dan uji reliabilitas tes didapat 0,88 (sangat tinggi). Pada siklus II terdiri dari 30 soal dengan perolehan 24 soal valid, indeks kesukaran soal terdapat 23 kategori soal sedang dan 1 soal mudah, uji daya pembeda tes terdapat 9 soal baik, 14 cukup, 1 jelek dan uji reliabilitas tes didapat 0,86 (sangat tinggi). Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,55 dengan persentase kelulusan 77,42% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 88,04 dengan persentase kelulusan 90,32%. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 67,58 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,19. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan hasil belajar menghitung Rencana Anggaran Biaya siswa kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 046 |
Keywords: | model pembelajaran tutor sebaya, aktivitas dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37716 |