BUTARBUTAR, FITRIANA (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MYOB SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142018_COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 7133142018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
3. NIM. 7133142018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 7133142018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 7133142018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 7133142018_TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133142018_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133142018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM. 7133142018_BAB I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 7133142018_BAB V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
14. NIM. 7133142018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Hasil belajar siswa untuk mata pelajaran MYOB di SMK Negeri 1 Medan tergolong masih rendah. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran MYOB kurangnya penggunaan dari media pembelajaran yang mendukung pelaksanaan mata pelajaran ini juga menjadi penyebab siswa kurang aktif pada saat pelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar MYOB yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi dibanding hasil belajar MYOB yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Jobsheet siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018 yang berjumlah 155 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan control yang masing- masing berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diujicobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 62,83 dan 84 dengan standar deviasi yaitu 8,57 dan 8,03. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 61,17 dan 72,33 dengan standar deviasi yaitu 10,48 dan 6,91. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung=6,51 dan ttabel=1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 6,51 > 1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung>ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar MYOB yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Jobsheet lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar MYOB yang diajar tanpa menggunakan media pembelajaran Jobsheet pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan T.P 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 194 |
Keywords: | Media Pembelajaran Jobsheet; Hasil Belajar MYOB |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:54 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37713 |