Brahmana, Yudi Aloysius Sembiring (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPEREATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN KELAS XI SMK SWASTA ISTIQLAL DELITUA TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341115 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
2. NIM. 7133341115 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
3. NIM. 7133341115 PREFACE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
4. NIM. 7133341115 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
5. NIM. 7133341115 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 7133341115 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 7133341115 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7133341115 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
9. NIM. 7133341115 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
13. NIM. 7133341115 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. NIM. 7133341115 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas XI SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Istiqlal Delitua Jl. Stasiun No.1 , Desa Suka Makmur, Kecamatan Delitua, Sumatera Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1,XI TKJ 2, dan XI TKJ 3 SMK Swasta Istiqlal Delitua yang berjumlah 120 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan XI TKJ 2 sebagai kelas kontrol yaitu sebanyak 60 orang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah secara acak. Instrumen atau tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kewirausahaan siswa dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76 dengan standar deviasi sebesar 10.58. sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah sebesar 62.83 dengan standar deviasi sebesar 10.56. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus statistik uji t. dengan dk = n1 + n2 -2 pada taraf signifikan 95%. Dari hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 5.111 dan ttabel sebesar 1.672 atau 5.111 > 1.672. Dengan demikian hipotesis diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Kewirausahaan di SMK Swasta Istiqlal Delitua Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 NIAGA 088 |
Keywords: | Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation; Hasil Belajar Siswa;Model Pembelajaran Konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:53 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37708 |