Sembiring, Hairatunnisa Br (2017) PERAN KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn DI SMAN 1 SEI BINGAI TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3131111012 COVER.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
2. NIM 3131111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
3. NIM 3131111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 3131111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
5. NIM 3131111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 3131111012 TABLE.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM 3131111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM 3131111012 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
12. NIM 3131111012 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
13. NIM 3131111012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Keterampilan Mengajar Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di SMAN 1 Sei Bingai Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Sei Bingai. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMAN 1 Sei Bingai, menyebarkan angket, dan melakukan wawancara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa SMAN 1 Sei Bingai yang berjumlah 550 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 55 orang dengan mengambil 10% dari jumlah populasi, menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah rumus statistik sederhana yaitu dengan menghitung persentase jawaban responden dalam bentuk tabel tunggal melalui distribusi frekuensi dan persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan mengajar guru PKn di SMAN 1 Sei Bingai sudah cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa keterampilan bertanya sebanyak 82,52%, keterampilan memberi penguatan 48,04%, keterampilan mengadakan variasi 65,42%, keterampilan menjelaskan 91,3%. Dengan total rata-rata 71,82%. Penelitian dapat disimpulkan bahwa peran keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMAN 1 Sei Bingai sudah cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 114 |
Keywords: | PERAN;KETERAMPILAN MENGAJAR;HASIL BELAJAR;PKn |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:53 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37704 |