SITUMORANG, RAHMAT HENSAM (2017) PENERAPAN MEDIA POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5123311024 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 5123311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (739kB) | Preview
3. NIM 5123311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
4. NIM 5123311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 5123311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 5123311024 TABLE.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 5123311024 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 5123311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 5123311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
13. NIM 5123311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 5123311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
menerapkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar mata pelajaran Konstruksi Bangunan di kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam T.P 2016/2017 yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar.
Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretes siswa 66, lalu pada pelaksanaan postes meningkat menjadi 75. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai pretes rata-rata 76 dan pada postes meningkat menjadi rata-rata 86. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 70,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran powerpoint dapat 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) 2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi bangunan 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 047 |
Keywords: | Media Pembelajaran Powerpoint; Aktivitas Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:53 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37703 |