Br. Ginting, Eka Cahyanti (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASILBELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI DI SMK SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123342008_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 7123342008_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
3. NIM. 7123342008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 7123342008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. NIM. 7123342008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
6. NIM. 7123342008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7. NIM. 7123342008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
8. NIM. 7123342008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
9. NIM. 7123342008_BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 7123342008_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 7123342008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional XI AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Stabat yang beralamat di Jl.Letjen S.Parman Stabat Kabupaten Langkat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purposive Sampling yaitu kelas XI AK 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas XI AK 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda yang berjumlah 20 soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung uji normalitas menggunakan uji liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α=0,05, maka hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperiment = 41,66 dengan standar devisa = 11,33 dan nilai rata-rata postes siswa = 81,83 dengan standar devisa = 11,48 sedangkan nilai rata-rata pritest siswa kelas kontrol = 40,33 dengan standar devisa = 10,74 dan nilai rata-rata postest siswa = 68,66 dengan standar devisa = 11,13. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (L_hitung < L_tabel) dan homogen (F_hitung < F_tabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh t_(hitung> ) t_(tabel ) (4,469>1,671) yang berarti hipotesis yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada pokok bahasan akuntansi persediaan pada siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Stabat Tahun Pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 195 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Handout, Metode Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:51 |
Last Modified: | 25 Feb 2020 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37689 |