Pasaribu, Juliana (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL TERHADAP HASIL MENJAHIT SAKU PASSEPOILLE SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5123341015 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 5123341015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
3. NIM. 5123341015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
4. NIM. 5123341015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
5. NIM. 5123341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 5123341015 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5123341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 5123341015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
9. NIM. 5123341015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
13. NIM. 5123341015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 5123341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil menjahit saku passepoille mengunakan media pembelajaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. 2) Untuk mengetahui hasil menjahit saku passepoille tanpa mengunakan media pembelajaran siswa kelas X SMK Negeri 1 Stabat. 3) Apakah ada pengaruh media pembelajaran berbasis video tutorial terhadap hasil belajar menjahit saku passepoille Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Stabat sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Teknik pengambilan sampple menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas X Busana Butik. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar menjahit saku passepoille dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan saku passepoille. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar menjahit saku passepoille tanpa menggunakan media video pembelajaran adalah berdistribusi nornal dimana, Lhitung < Ltabel = 0,067 < 0,150 dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran adalah berdistribusi normal dimana, Lhitung < Ltabel = 0,014 < 0,150 dan kedua varians data adalah homogeny karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,66 < 1,82 sehingga kedua kelas memiliki varians yang sama (homogen). Hasil analisa data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 35 orang yang diajar tanpa menggunakan media video pembelajran menunjukkan nilai rata-rata 74 dengan hasil presentase sebesar 31% termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan media video pembelajaran menunjukkan nilai rata-rata 89 dengan hasil presentase sebesar 88% termasuk dalam kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan video pembelajaran dimana hasil pengujian menunjukka bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu 10,2 >1,997. Dilihat dari penelitian ini , hasil belajar menjahit saku passepoille lebih tinggi jika diajarkan dengan menggunakan video pembelajaran. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan video pembelajaran dengan siswa yang diajarkan tanpa menggunakan video pembelajaran. Hal ini berarti bahwa penggunaan media pembelajaran baik digunakan sebagai alternative atau variasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BSN 033 |
Keywords: | MEDIA VIDEO TUTORIAL, HASIL BELAJAR MENJAHIT SAKU PASSEPOILLE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:51 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37683 |