Panjaitan, Stefhany Christine Natalia (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133342023_COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 7133342023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
3. NIM. 7133342023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
4. NIM. 7133342023_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
5. NIM. 7133342023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM. 7133342023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7133342023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7133342023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB)
9. NIM. 7133342023_BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 7133342023_BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7133342023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIIAK SMK Negeri 7 Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran ICARE. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ICARE Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket motivasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil angket motivasi yang telah diberikan kepada siswa diperoleh hasil angket motivasi belajar pada siklus I terdapat 7 siswa (23,3%) yang termasuk dalam kriteria memiliki motivasi yang tinggi dan sangat tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 24 siswa (80%) hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni ≥80% siswa dalam kelas telah mencapai kategori motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 7 siswa (23,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 58,67, sedangkan pada siklus I terdapat 16 siswa (53,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 70,3. Dan pada siklus II terdapat 28 siswa (93,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 81,17. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 198 |
Keywords: | Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran ICARE |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:50 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37671 |