PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Panjaitan, Stefhany Christine Natalia (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ICARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133342023_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133342023_COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133342023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133342023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133342023_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133342023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133342023_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133342023_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133342023_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133342023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133342023_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133342023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133342023_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133342023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133342023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
8. NIM. 7133342023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB)
[thumbnail of 9. NIM. 7133342023_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7133342023_BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133342023_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133342023_BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7133342023_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7133342023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XIIAK SMK Negeri 7 Tahun Pembelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran ICARE. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ICARE Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan didalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket motivasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Dari hasil angket motivasi yang telah diberikan kepada siswa diperoleh hasil angket motivasi belajar pada siklus I terdapat 7 siswa (23,3%) yang termasuk dalam kriteria memiliki motivasi yang tinggi dan sangat tinggi dan mengalami peningkatan pada siklus II terdapat 24 siswa (80%) hasil ini telah memenuhi indikator keberhasilan aktivitas belajar yakni ≥80% siswa dalam kelas telah mencapai kategori motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi. Dari hasil analisis data diperoleh data test sebelum penerapan 7 siswa (23,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai 58,67, sedangkan pada siklus I terdapat 16 siswa (53,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 70,3. Dan pada siklus II terdapat 28 siswa (93,3%) yang tuntas dengan rata-rata nilai menjadi 81,17. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ICARE dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 198
Keywords: Motivasi Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Model Pembelajaran ICARE
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:50
Last Modified: 26 Feb 2020 03:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37671

Actions (login required)

View Item
View Item