Butar-Butar, Marisa Rosalina (2017) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP DAN ANIMASI KOMPUTER PADA MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131131027 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM 4131131027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM 4131131027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 4131131027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. NIM 4131131027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 4131131027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM 4131131027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM 4131131027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
9. NIM 4131131027 BAB I.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
13. NIM 4131131027 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
14. NIM 4131131027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan pada model PBL media Peta konsep dan media Animasi Komputer di SMA N 9 Medan pada pokok bahasan hidrolisis garam, dan uji korelasi motivasi dan hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA N 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian secara Purposive sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan menggunakan media Peta Konsep dan kelas eksperimen 2 menggunakan media Animasi Komputer. Pada model pembelajaran PBL penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif dan instrumen non tes. instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Sedangkan pada instrumen non tes sebanyak 30 soal. Data gain yang diperoleh dianalisis dengan uji t dua pihak dan uji korelasi peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I rata-rata 0,71 dan terjadi peningkatan sebesar 71% dan kelas eksperimen II rata-rata gain 0,481 dan terjadi peningkatan sebesar 48%. Rata-rata motivasi siswa diperoleh pada eksperimen I sebesar 80,667 dan eksperimen II sebesar 79,300. Untuk uji korelasi melalui metode PBL dengan media peta konsep (eksperimen I) diperoleh rhitung 0,00 dan uji korelasi dengan model PBL dengan media animasi komputer (eksperimen II) diperoleh rhitung 0,19. Uji t-test untuk hasil belajar diperoleh thitung > ttabel (1,856 > 2,0189) dan uji t-test untuk motivasi siswa diperoleh harga thitung > ttabel (1,21 > 2,0189). Dari hasil uji hipotesis I, Ha ditolak dan H0 diterima tidak terdapat perbedaan motivasi siswa yang diajarkan melalui model PBL dengan menggunakan media animasi komputer dan peta konsep. Uji Hipotesis II, H0 diterima dan Ha ditolak tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media animasi komputer dan peta konsep. Uji hipotesis III, Ho diterima dan Ha ditolak tidak terdapat korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL menggunakan media animasi komputer. Uji hipotesis IV, Ho diterima dan Ha ditolak tidak ada korelasi yang signifikan antara motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan model PBL menggunakan media peta konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 KIM 255 |
Keywords: | MODEL PBL; MEDIA PETA KONSEP; MEDIA ANIMASI KOMPUTER; MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:47 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37643 |