PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN TIPE TALKING STICK MTS NEGERI TANJUNG MORAWA

Prasetya, Bella Rindi (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DENGAN TIPE TALKING STICK MTS NEGERI TANJUNG MORAWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4131111007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4131111007 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4131111007 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4131111007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4131111007 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4131111007 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4131111007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4131111007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4131111007 PREACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4131111007 PREACE.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4131111007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4131111007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4131111007 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4131111007 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4131111007 TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4131111007 TABLE.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4131111007 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4131111007 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4131111007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4131111007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4131111007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4131111007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4131111007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4131111007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) lebih tinggi daripada menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada materi himpunan di MTs Negeri Tanjung Morawa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Negeri Tanjung Morawa yang terdiri dari 6 kelas dan jumlah keseluruhan siswa kelas VII sebanyak 246 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih dua kelas secara random sampling, didapat kelas VII-1 dan VII-6 yang masing-masing berjumlah 40 orang. Kelas eksperimen 1 yaitu kelas VII-1 menggunakan Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan kelas eksperimen 2 yaitu kelas VII-6 menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Sebagai alat pengumpul data digunakan data wawancara, pretest dan posttest dalam bentuk test isian pada materi bilangan untuk pretest dan materi himpunan untuk posttest, dimana masing-masing soal berjumlah 3 dan 4 soal yang sudah divalidkan. Sebelum dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji kesamaan dua rata-rata data pretest. Pada uji kesamaan dua rata-rata data pretest diperoleh thitung = 2,537 dan ttabel = 1,994, karena thitung >ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga rata-rata tes kemampuan awal kedua kelas berbeda. Maka dicari selisih posttest dengan pretest kedua kelas. Untuk uji normalitas dan uji homogenitas sebagai syarat uji hipotesis, yang diuji adalah rata-rata nilai selisih posttest-pretest dengan nilai hasil wawancara kedua kelas. Pada uji normalitas data rata-rata nilai selisih posttest-pretest dengan nilai hasil wawancara kelas eksperimen 1 diperoleh Lo = 0,0871 dan Ltabel = 0,14009, karena Lo<Ltabel dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas eksperimen 1 berdistribusi normal. Pada uji normalitas kelas eksperimen 2 diperoleh Lo = 0,08778 dan Ltabel = 0,14009, karena Lo<Ltabel dapat disimpulkan bahwa sebaran data pada kelas eksperimen 2 berdistribusi normal. Sedangkan pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,345 dan Ftabel = 1,65, karena Fhitung <Ftabel maka kedua kelas homogen. Setelah data dikatakan normal dan homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk data rata-rata nilai selisih posttest-pretest dengan nilai hasil wawancara. Pada uji hipotesis diperoleh thitung = 1,832 dan ttabel = 1,667, karena thitung >ttabel dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 198
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Model Kooperatif Tipe TTW; Model Kooperatif Tipe Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:47
Last Modified: 27 Feb 2020 06:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37638

Actions (login required)

View Item
View Item