Putri, Lidiana (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS X MAS NURUL HAKIM TEMBUNG T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4131111017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4131111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
3. NIM 4131111017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
4. NIM 4131111017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
5. NIM 4131111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. NIM 4131111017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 4131111017 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 4131111017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
9. NIM 4131111017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
13. NIM 4131111017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
14. NIM 4131111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan dilakukan di MAS Nurul Hakim Tembung yang bertujuan un tuk mengetahui apakah hasil belajar metematika siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah lebih tinggi dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Inkuiri. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAS Nurul Hakim Tembung T.A 2017/2018. Sedangkan yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-A yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan siswa kelas X-B diajar dengan pembelajaran inkuiri yang masing-masing kelas berjumlah 37 dan 35 orang. Rata-rata nilai pretest kelas X-A adalah 58,18, dan rata-rata nilai pretest kelas X-B adalah 58,14. Kemudian nilai pretest kelas X-A adalah 86,71 dan nilai pretest kelas X-B adalah 78,29. Dari hasil analisis data pretest kelas X-A diperoleh = 3,22 < =11,1 dan data pretest kelas X-B diperoleh = 7,00 < =11,1, untuk data postest diperoleh = 8,93 < =11,1 dan = 10,01 < =11,1, sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelas adalah normal. Dan uji homogenitas data adalah homogen karena Fhitung = 1,207 < Ftabel = 1,753. Kemudian uji hipotesis data diperoleh thitung = 2,1421 > ttabel = 1,668, sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan pembelajaran inkuiri di kelas X MAS Nurul Hakim Tembung T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 200 |
Keywords: | HASIL BELAJAR; PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH;INKUIRI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:46 |
Last Modified: | 28 Feb 2020 04:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37619 |