Haloho, Inrajaya (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK UNTUK PROGRAM TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 5123131016 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. 5123131038 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
3. 5123131016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
4. 5123131016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. 5123131016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. 5123131016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. 5123131016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 5123131016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. 5123131016 BAB I.pdf - Published Version
Download (699kB) | Preview
13. 5123131016 BAB V.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
14. 5123131016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching terhadap hasil belajar siswapada materi mengenal piranti – piranti elektronika daya di dalam mata pelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik untuk program teknik instalasi tenaga listrik T.A 2016/2017, di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dan SMK Imelda Medan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TITL A semester genap SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 orang dan kelas X TITL A SMK Imelda Medan sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda sebanyak 20 soal.
Kedua kelas dilakukan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Setelah diberikan perlakuan, kemudian diberikan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dari penelitian yang dilakukan, ditemukan nilai rata – rata post test siswa pada kelas eksperimen adalah 60 dan kelas kontrol 44,5 . Uji normalitas data pada taraf signifikan 0,05 diperoleh kelas eksperimen Lhitung<Ltabel = 0,13 < 0,16 dan kelas kontrol 0,18 < 0,19 maka data berdistribusi normal. Uji homogenitas Fhitung< Ftabel,yaitu 1,47 <1,98 maka varians sampel homogen. Uji-t pada taraf 0,05, untuk menguji hipotesis penelitian diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,45 > 1,67. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ELK 063 |
Keywords: | quantum teaching; hasil belajar siswa; pengukuran listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:46 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37618 |