TURNIP, SEPTA APRIANI (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS TARI ISWA DI SMA NEGERI 1 PANGURURAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143140035 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 2143140035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
3. NIM. 2143140035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM. 2143140035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 2143140035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2143140035 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2143140035 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2143140035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
12. NIM. 2143140035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM. 2143140035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawberdasarkan KD 4.2 yaitu berkarya seni tari melalui modifikasi sesuai dengan iringan. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini adalah teori Kreativitas (Suharman 2011 : 5-6) Kreativitas adalah Kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dan atau memodifikasi karya yang sudah ada menjadi sebuah karya yang lebih bermakna, dan teori Model Kooperatif Tipe Jigsaw(Muhammad Fathurrohman 2015: 63)
Model Kooperatif Tipe Jigsawmerupakan model pembelajaran kooperatif dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4-6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif dan bertanggung jawab atas
ketuntasan bagian materi pelajaran yang harus dipelajari dan menyampaikan materi tersebut kepada anggota kelompok yang lain”. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan penelitian model Quasi Experiment dengan menggunakan rumus uji t. Sampel penelitian terdiri dari 1 kelas yang ditentukan
dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas XI IPS 1. Tehnik pengumpulan data meliputi: observasi, dokumentasi, studi kepustakaan. Teknik analisis data berupa deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
kreativitas tari siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw hal ini dibuktikan bahwa thitung = 12,618 lebih besar dari ttabel = 2,032.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 TARI 002 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Kreativitas Tari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:41 |
Last Modified: | 27 Mar 2020 05:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37577 |