SIAGIAN, SAIRO TIODORA (2019) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BISNIS RITEL SISWA KELAS XI JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 6 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7151143046 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
2. NIM. 7151143046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM. 7151143046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
4. NIM. 7151143046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 7151143046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM. 7151143046 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 7151143046 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 7151143046 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 7151143046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
13. NIM. 7151143046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM. 7151143046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar yang memuaskan dibutuhkan proses belajar. Penilaian terhadap hasil belajar dilakukan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai sasaran belajar. Namun pada kenyataan nya hasil belajar pada pada siswa kelas XI pemasaran SMK Negeri 6
Medan pada mata pelajaran bisnis ritel cenderung rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar, 2) Pengaruh Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar, 3) Pengaruh Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bisnis Ritel Siswa Kelas XI PM SMK Negeri 6 Medan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel (5,228 > 1,671) dan variabel kepercayaan diri siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yang ditunjukkan nila thitung > ttabel (2,937 > 1,671). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa komunikasi interpersonal dan
kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran bisnis ritel yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (17,295 > 3,15). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2
sebesar 0,340 yang artinya komunikasi interpersonal dan kepercayaan diri siswa sebesar 34% dapat menjelaskan hasil belajar dan 66% sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bisnis Ritel Siswa Kelas XI PM SMK Negeri 6 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 NIAGA 002 |
Keywords: | Komunikasi Interpersonal; Kepercayaan Diri Siswa; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5717 Business communication P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:40 |
Last Modified: | 17 Mar 2020 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37548 |