ABDURRAZAK, WISNU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY BERBANTU PREZI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 TANJUNG PURA T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
01. NIM 4153321045 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
02. NIM 4153321045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
03. NIM 4153321045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
04. NIM 4153321045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
05. NIM 4153321045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
06. NIM 4153321045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
07. NIM 4153321045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
08. NIM 4153321045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
09. NIM 4153321045 BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM 4153321045 BAB V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4153321045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains menggunakan media prezi pada materi pokok Elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester II di SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri 4 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI MIA2 dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA1 dengan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran scientific inquiry menggunakan prezi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes essay dengan jumlah soal 10 item yang telah divalidasi oleh validator.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 19,40 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 14,66. Setelah pembelajaran selesai diberikan postest dengan diperoleh hasil nilai rata-rata kelas ekperimen adalah 47,37 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol sebesar 39,32. Dengan tingkat kepercayaan data 95%, hasil uji wilcoxon setelah diberi perlakuan diperoleh Zhitung = -2,132. Sedangkan Ptabel = 0,0324. Karena ptabel < 0,05 dan jumlah peringkat kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol (309,5>129,5) maka Ha diterima (Ha = ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains menggunakan media Prezi pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2019/2020). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains menggunakan Prezi pada materi pokok Elastisitas dan hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Tanjung Pura T.P 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 004 |
Keywords: | Keterampilan Proses Sains ; Model Pembelajaran Scientific Inquiry; Elastisitas; Hukum Hooke; Prezi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV435 Physical measurements. Physical tests, etc. Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:40 |
Last Modified: | 26 Feb 2020 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37546 |