RUSWANDA, RANDI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5151121024 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 5151121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
3. NIM. 5151121024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM. 5151121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 5151121024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 5151121024 TABLES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM. 5151121024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 5151121024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. NIM. 5151121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
13. NIM. 5151121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
14. NIM. 5151121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar menggambar teknik dari siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) pada siswa kelas X program keahlian teknik kendaraan ringan SMK Prayatna 2 Medan. Populasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas X TKR di SMK Prayatna 2 Medan dengan jumlah keseluruhannya 127 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X
TKR 1 sebagai kelas eksperimen diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw yang berjumlah 32 orang, dan siswa kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction) yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif pilihan berganda yang berjumlah 20 soal dengan 5 opsi jawaban. Untuk pengujian normalitas data, digunakan uji Liliefors pada taraf kepercayaan (α) sebesar 0,05. Dari perhitungan data hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw Lhitung= 0,1248 dan Ltabel = 0,1566 , maka diperoleh Lhitung(0,1248) < Ltabel(0,1566) pada kategori normal, dan dari perhitungan data hasil belajar model pembelajaran langsung (Direct Instruction) Lhitung = 0,1368 dan Ltabel = 0,1591 maka diperoleh Lhitung(0,1368) < Ltabel(0,1591) pada kategori normal. Untuk menguji homogenitas data antara pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran langsung (Direct Instruction) dilakukan uji-f pada taraf nyata (α) 0,05 diperoleh Fhitung = 1,03 dan
Ftabel = 1,84, maka Fhitung(1,03) < Ftabel (1,84) dan disimpulkan bahwa varians sampel adalah homogen. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t. Dari hasil
perhitungannya diperoleh, thitung = 4,878 dan dari daftar tabel nilai distribusi t pada taraf signifikan α = 0,05, n1 = 32, n2 = 31 dengan dk = 61 diperoleh nilai ttabel =
2,000 sehingga thitung(4,878) > ttabel(2,000) dan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar Menggambar Teknik siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model
pembelajaran langsung (Direct Instruction). Dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen = 80,31 dan hasil belajar rata-rata kelas kontrol = 70,48.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 004 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Model Direct Instruction, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37533 |