SINGARIMBUN, GRACE CHINTYA (2019) PENGARUH MODEL INDUKTIF KATA BERGAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2153311016 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM.2153311016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
3. NIM.2153311016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM.2153311016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
5. NIM.2153311016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM.2153311016 TABLES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM.2153311016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
8. NIM.2153311016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
12. NIM.2153311016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
13. NIM.2153311016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Pengaruh Model Induktif Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 9 kelas yang berjumlah 288 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-F yang berjumlah 32 siswa dan kelas VIII-G yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah post test design only.
Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil belajar siswa dalam membuat teks eksposisi pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 75.93, sedangkan hasil belajar siswa dalam membuat sinopsis buku fiksi pada kelas eksperimen adalah
sebesar 67.03. Dari uji data yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Dari data pada kelas
kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel (0.0968< 0.1566), dan pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung< Ltabel (0.1006 < 0.1566). Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari kelompok yang homogen yaitu Fhitung < Ftabel (1.49 < 1.82). Selanjutnya t0 dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5%
dengan df=31, maka diperoleh 2.04. Oleh karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 4.75 > 2.04, maka Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model induktif
kata bergambar pengaruh digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Medan tahun pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 IND 011 |
Keywords: | Model Induktif Kata Bergambar, Menulis Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:39 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37531 |