SIHOMBING, HELMIANA (2019) METODE STUDI MANDIRI PADA PEMBELAJARAN VOKAL KELAS XII DI SMAS METHODIST 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143140016 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 2143140016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
3. NIM. 2143140016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM. 2143140016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
5. NIM. 2143140016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 2143140016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 2143140016 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2143140016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
12. NIM. 2143140016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
13. NIM. 2143140016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang proses pembelajaran vokal dengan metode Studi Mandiri, hasil belajar siswa dengan metode Studi Mandiri pada pembelajaran vokal, dan kendala yang dihadapi siswa dalam penggunaan metode Studi Mandiri terhadap hasil belajar pada pembelajaran vokal kelas XII di SMAS
Methodist 7 Medan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran, teori metode studi mandiri, teori vokal, teori hasil belajar dan teori
kendala. Penelitian ini dilaksanakan pada Juli 2019 s/d September 2019 di Jalan Madong Lubis No.7, Sidodadi, Medan Timur. Metode dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebelas orang yaitu satu orang wali kelas XII IPA, satu orang guru seni budaya, dan seluruh siswa kelas XII IPA sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pembelajaran vokal dengan metode Studi Mandiri siswa kelas XII IPA di SMAS Methodist 7 Medan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan, masing-masing pertemuan terdapat tiga tahap yaitu pendahuluan, inti, dan penutup dengan alokasi waktu 2 x 45 menit. Hasil belajar yang dicapai siswa lebih baik, afektif, dan efisien
dengan metode Studi Mandiri pada pembelajaran vokal kelas XII di SMAS Methodist 7 Medan yang didalamnya mencakup kriteria-kriteria penilaian bidang kognitif,
afektif, dan psikomotoris. Kendala pada pembelajaran vokal menggunakan metode Studi Mandiri yaitu siswa dalam pembelajaran vokal, ada yang memiliki kemampuan
pendengaran yang baik ada juga yang tidak. Rasa kurang percaya diri juga masih sering mereka alami ketika tampil didepan teman kelompok lainnya, dan kurangnya
alokasi waktu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSK 001 |
Keywords: | Pembelajaran; Metode Studi Mandiri; Vokal; Hasil Belajar |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 04:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37522 |