HADDIS, MUHADDIS (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK PERMESINAN SMK N 2 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 5153321011 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM 5153321011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (895kB) | Preview
3. NIM 5153321011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
4. NIM 5153321011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM 5153321011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM 5153321011 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM 5153321011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. NIM 5153321011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
9. NIM 5153321011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
13. NIM 5153321011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
14. NIM 5153321011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada kompetensi Gambar Teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe GI mata pelajaran Gambar Teknik pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik di kelas X Teknik Permesinan SMK N 2 Medan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Teknik Permesinan SMK N 2 Medan T.A 2019/2020, yang berjumlah 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Objek penelitian ini adalah proses belajar mengajar pada materi Gambar Teknik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan post test dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 19 siswa (57,57%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 14 siswa (42,43%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 65,151 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 57,57%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar diperoleh 28 siswa (84,85%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 5 siswa (15,15%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 82,27 dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 84,85%. Dengan kata lain ada peningkatan hasil belajar siswa dari posttest siklus I ke posttest siklus II. Dikarenakan kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal, maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada kompetensi dasar menggambar kontruksi geometris dan proyeksi gambar teknik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MSN 005 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI, Aktifitas Siswa, Hasil Belajar Gambar Teknik,. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:39 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37519 |