ELFREDO MANIK, RIO CARLOS (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK OTOMOTIF YANG PEMBELAJARANNYA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DI SMK SWASTA TAMAN SISWA LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5152122006 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM. 5152122006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
3. NIM. 5152122006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
4. NIM. 5152122006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
5. NIM. 5152122006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 5152122006 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5152122006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5152122006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9. NIM. 5152122006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM. 5152122006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
14. NIM. 5152122006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum diberi perlakuan (treatmen) dengan sesudah diberi perlakuan (treatmen) pada saat posttest dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe Problem Based Learning (PBL) dan Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK
Swasta Taman Siswa Lubuk Pakam. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah model pembelajaran yang diterapkan guru di dalam kelas.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR I dengan jumlah 30 orang sebagai kelas PBL dan siswa kelas X TKR II dengan jumlah 30 orang sebagai kelas STAD. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil posttest yang berbentuk pilihan
ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 76,66 untuk kelas PBL, dan 72,61 untuk kelas STAD. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan di atas didapatkan thitung= 1,633 sedangkan ttabel= 1,4808. Sehingga bila dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel, (1,633
> 1,4808 ) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.
Kesimpulannya adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas X TKR I yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa kelas X TKR II yang menggunakan model pembelajaran STAD. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif
dalam kegiatan pembelajaran Gambar Teknik Otomotif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 OTM 001 |
Keywords: | Model Pembelajaran ; Hasil Belajar ; Gambar Teknik Otomotif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:38 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37515 |