GINTING, ANTONIUS (2019) KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERDASARKAN MEDIA AUDIOVISUAL OLEH SISWA KELAS X SMA KATOLIK 1 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2133311003 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 2133311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
3. NIM 2133311003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 2133311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
5. NIM 2133311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM 2133311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM 2133311003 DAFTAR LAMPIRAN .pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM 2133311003 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
12. NIM 2133311003 BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 2133311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi berdasarkan media audiovisual oleh siswa kelas X SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini menggunakan sumber data yaitu
sebanyak 42 teks eksposisi siswa kelas X. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa kemampuan menulis teks eksposisi berdasarkan media audio visual oleh siswa kelas X SMA Katolik 1 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan skor rata-rata 81,02 dengan rentang nilai 70-84 dikategorikan baik Berdasarkan tes menulis teks eksposisi siswa, hasil menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi tergolong baik pada tabel distribusi presentase dilihat dari 42 teks eksposisi siswa yang dijadikan sumber data penelitian, hanya 12 (28,57%) siswa berada pada rentang 85-100 termasuk
dalam kategori baik sekali, 27 (64,28%) siswa berada pada rentang 70-84 termasuk dalam kategori baik dan 3 (7,14%) siswa berada pada rentang 55-69 termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan pengamatan ini, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi berdasarkan media audiovisual berdasarkan struktur teks eksposisi dalam hal ini struktur teks eksposisi yaitu isi karangan, penggunaan bahasa, hal yang di informasikan pada teks eksposisi dan kesimpulan sudah masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan karena kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi dalam memahami struktur sudah baik. Hal ini yang terjadi pada siswa kelas X SMA
Katolik 1 Kabanjahe.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 206 |
Keywords: | KEMAPUAN MENULIS, EKSPOSISI, STRUKTUR TEKS |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:33 |
Last Modified: | 15 May 2020 18:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37467 |