Sari, Suci Wulan (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA SMP SWASTA DI KECAMATAN MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
809225022 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
809225022 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
809225022 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
809225022 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
809225022 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
809225022 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
809225022 Abstrak.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
809225022 Bab I.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
809225022 Bab V.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
809225022 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Perbedaan hasil belajar Fisika antara kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) investigasi Kelompok) dan kelompok siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung. (2) Perbedaan hasil belajar Fisika kelompok siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dan kepribadian introvert. (3) Interaksi antara model pembelajaran dan kepribadian siswa dalam memberikan pengaruh terhadap hasil belajar Fisika.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Swasta di kecamatan Medan Area. Sekolah yang menjadi lokasi penelitian adalah SMP Swasta Al-Ittihadiyah dengan jumlah siswa 126 orang dan SMP Muhammadiyah Sukar.unai dengan jumlah siswa 31 orang pada tahun pembelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dilakukan secara acak kluster. Hasil pengundian mendapatkan kelas VIII-1 SMP Al-lttihadiyah yang terdiri dari 28 siswa untuk: model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kelas VIII SMP Mubammadiyah Sukaramai yang terdiri dari 31 siswa untuk: model pembelajaran langsung. Tes kepribadian dilakukan sebelum pelaksaan penelitian untuk: mengetahui tipe kepribadian siswa yang terdiri atas tipe ekstrovert dan introvert. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental-semu dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan homogenitas.Berdasarkan pengujian hipotesis menyatakan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung = 5,38 > Ftabel = 4,02. Hasil belajar siswa yang memiliki kepribadian introvert lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung = 4,56 > Ftabel = 4,02, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar Fisika. Hal ini ditunjukkan dari hasil Fhitung = l4,97 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan a = 0,05.Berdasarkan uji lanjut menggunakan Uji Scheffe menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang diajar model pembelajaran langsung. Siswa yang berkepribadian ekstrovert akan memperoleh hasil belajar lebih tinggi jika diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe GI, sedangkan siswa yang berkepribadian introvert akan memperoleh hasil belajar lebih tinggi jika diberikan perlakuan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Sar p |
Keywords: | Fisika; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung; Kepribadian ekstrovert; Kepribadian introvert |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 09 May 2019 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3746 |