PANJAITAN, TORUS PARULIAN (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG KELAS II PROGRAM KEAHLIAN KONSTRUKSI DAN PROPERTI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. 5133111030 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. 5133111030 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
3. 5133111030 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. 5133111030 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
5. 5133111030 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. 5133111030 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. 5133111030 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. 5133111030 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
9. 5133111030 BAB I.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
13. 5133111030 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. 5133111030 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Konstruksi Gedung siswa kelas XI di SMK Negeri 2 Medan Semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Explicit Instruction. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI program keahlian Bisnis
Konstruksi Dan Properti di SMK Negeri 2 Medan semester ganjil yang berjumlah 32 orang.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Bisnis Konstruksi dan Properti SMK N 2 Medan yang berjumlah 32 orang. Dari hasil penelitian pada siklus I didapatkan hasil 2 orang siswa mendapat kategori sangat tuntas (A) dengan persentase 6,25%, 9 orang siswa mendapat kategori tuntas (B) dengan persentase 28,13%, Sementara 12 orang siswa mendapat kategori cukup tuntas (C) dengan persentase 37,50% dan terdapat 9 orang siswa mendapat Kategori tidak tuntas (E) dengan persentase 28,12%. Dengan nilai rata-rata kelas adalah 77,66 dan ketuntasan siswa 71,88 % sementara pada siklus II didapatkan didapat hasil 5 orang siswa mendapat kategori sangat tuntas (A) dengan persentase 15,63%, 14 orang siswa mendapat kategori tuntas (B) dengan persentase 43,75%, Sementara
13 orang siswa mendapat kategori cukup tuntas (C) dengan persentase 40,63% dan tidak terdapat siswa dalam kategori tidak tuntas (E). Dengan nilai rata-rata kelas adalah 82,19 dan ketuntasan siswa 100% dalam kategori tuntas dengan ratarata nilai 82,19 maka peningkatan yang terjadi antara siklus I dan II adalah sebesar 28,12% bertambah 9 orang. Maka dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran explicit instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pelaksanaan dan Pengawasan Konstruksi Pekerjaan Konstruksi gedung SMK Negeri 2 Medan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 073 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN KONSTRUKSI PEKERJAAN KONSTRUKSI GEDUNG |
Subjects: | T Technology > TH Building construction > TH900 Construction equipment in building |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:27 |
Last Modified: | 15 May 2020 22:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37447 |