ISLAMENTARI, ELSHA NINDYA (2019) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 023895 KECAMATAN BINJAI SELATAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153111017_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1153111017_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
3. NIM. 1153111017_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
4. NIM. 1153111017_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (488kB) | Preview
5. NIM. 1153111017_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM. 1153111017_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 1153111017_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 1153111017_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
9. NIM. 1153111017_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
10. NIM. 1153111017_BAB I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
14. NIM. 1153111017_BAB V.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
15. NIM. 1153111017_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik materi tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia
subtema 1 Organ Gerak Hewan pembelajaran ke 3 di kelas V SD Negeri 023895 Kecamatan Binjai Selatan T.A 2019/2020. Proses pembelajaran kurang melibatkan keaktifan siswa. Keterampilan guru dalam mengelola kelas masih rendah pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk “meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Heads Together pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 023895 Kecamatan Binjai Selatan T.A 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 023895 Kecamatan Binjai Selatan dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 25 orang siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pretest untuk mengetahui hasil belajar siswa.dengan bentuk tes pilihan berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 25 orang siswa diperoleh ketuntasan klasikal terdapat sebanyak 6 orang siswa (24%) mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 19 orang siswa (76%) mendapat nilai tidak tuntas dengan nilai rata-rata 55,8. Pada siklus I saat diberikan posttest terdapat sebanyak 17 orang siswa (68%) mendapat nilai tuntas dengan tingkat hasil belajar tinggi dan sebanyak 8 orang siswa (32%) mendapat nilai tidak tuntas dengan tingkat hasil belajar rendah, dengan nilai rata-rata 70,2. Pada siklus II saat diberikan posttest terdapat sebanyak 24 orang siswa (96%) mendapat nilai tuntas dengan tingkat hasil belajar tinggi dan hanya terdapat 1 orang siswa (4%) mendapat nilai tidak tuntas dengan tingkat hasil belajar rendah, dengan nilai ratarata 85,4.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik materi tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia subtema 1 Organ Gerak Hewan pembelajaran ke 3.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 288 |
Keywords: | MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER, ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:24 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 14:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37426 |