BR GINTING, MISBAH FITRITA (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X MAN KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. COVER_docx.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. APROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
5. TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. TABLES_docx.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. DIAGRAM_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. CHART_docx.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9. APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
10. CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
14. CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
15. BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) Berbantuan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Menulis Laporan Hasil Observasi Siswa
Kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X MAN Kabanjahe berjumlah 239 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil dengan teknik random
sampling (acak kelas). Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen quasi dengan desain two group post-test only control design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis laporan hasil observasi dalam
bentuk tes essay. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil kemampuan menulis laporan hasil observasi. Tes pada kelas kontrol dengan nilai rata-rata
71,25, standar deviasi 11,1 dan standar error 1,88 sedangkan kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 80,13, standar deviasi 8,6 dan standar error 1,45. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 20,65, selanjutnya disesuaikan dengan tabel t pada taraf
signifikan 5% dengan dk = (N1 + N2) – 2 = (36 + 36) – 2 = 70. Pada tabel t dengan dk = 70 diperoleh taraf signifikan 5% = 1,66. Karena thitung yang diperoleh
lebih besar dari ttabel yaitu 20,65 > 1,66 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy) berbantuan media Flashcard lebih efektif digunakan terhadap kemampuan menulis laporan hasil observasi siswa kelas X MAN Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 212 |
Keywords: | Kemampuan Menulis; Laporan Hasil Observasi; Model Pembelajaran; Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy);Flashcard |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:19 |
Last Modified: | 12 May 2020 23:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37391 |