TARIGAN, GEBBY GLORIA (2019) PENGARUH KEGIATAN GERAK DAN TARI TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA 1 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1153313015_COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 1153313015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
3. NIM. 1153313015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
4. NIM. 1153313015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
5. NIM. 1153313015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
6. NIM. 1153313015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. NIM. 1153313015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
8. NIM. 1153313015_BAB I.pdf - Published Version
Download (430kB) | Preview
12. NIM. 1153313015_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
13. NIM. 1153313015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kecerdasan kinestetik anak yang belum berkembang sesuai harapan, seperti saat anak menggerakkan kaki, tangan, kepala kekiri dan kekanan, beberapa anak belum mampu meggerakkan tubuh dengan lentur sesuai dengan irama musik yang didengar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan gerak dan tari terhadap kecerdasan kinestetik anak kelompok usia 5-6 tahun di Negeri Pembina 1 Medan T.A 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain True Experimental Design, dengan bentuk Postest-Only Control Design.Populasi penelitian ini adalah kelas kelompok B anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina
1 Medan menggunakan 2 kelas yaitu B (Bulan) kelas eksperimen dengan jumlah 19 anak dan B (Matahari) kelas kontrol jumlah 19 anak. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak (random) dengan menulis pada kertas kelas yaitu B (Bulan), B (Bintang), B (Matahari), lalu kertas tersebut dimasukkan kedalam gelas lalu dikocok, setelah dikocok, kemudian diambil secara acak, kertas yang terambil pertama adalah kelas eksperimen dan kelas yang terambil kedua adalah kelas kontrol. Dimana kelas B (Bulan) menjadi kelas eksperimen yang diajarkan
gerak tari dan kelas B (Matahari) menjadi kelas kontrol yang diajarkan senam. Masing-masing anak di dalam kelas ini adalah B (Bulan) 19 anak dan kelas B (Matahari) 19 anak, jumlah keseluruhan adalah 38 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan
Uji-t Hipotesis yang dilanjut dengan uji signifikasi pada taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan dengan perlakukan yang berbeda diperoleh skor kecerdasan kinestetik anak di kelas eskperimen 12,84. Hal ini terlihat bahwa nilai L0 (Lhitung) = 0,97 sedangkan nilai Ltabel untuk N = 19 dan α = 0,05 diperoleh Lhitung > Ltabel ; atau 0,97 > 0,24. Sedangkan skor yang diperoleh dikelas kontrol sebesar 11,78. Hal ini terlihat bahwa nilai L0 (Lhitung) = 0,45 sedangkan nilai Ltabel untuk N = 19 dan α = 0,05 diperoleh Lhitung > Ltabel atau 0,45 > 0,07 maka ada perbedaan yang signifikan dalam pengaruh kecerdasan kinestetik anak kelas B melalui kegiatan gerak tari di kelas eksperimen dan kegiatan senam di kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PAUD 083 |
Keywords: | Kecerdasan Kinestetik; Gerak Dan Tari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mrs Tessa Simahate |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 10:18 |
Last Modified: | 12 May 2020 22:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37371 |