Nasution, Riski Sahrida (2019) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA MODEL PISA PADA KONTEN SPACE AND SHAPE UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171025 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 8176171025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 8176171025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 8176171025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
5. NIM. 8176171025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
6. NIM. 8176171025 TABLES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM. 8176171025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
8. NIM. 8176171025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8176171025 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (612kB) | Preview
13. NIM. 8176171025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM. 8176171025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA konten
Space and Shape yang valid dan praktis melihat prosedur pengembangan soal dan
mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan. Penelitian ini memerlukan
dua tahap yaitu preliminary dan tahap formative evaluation yang meliputi self
evaluation, expert reviews, one-to-one, small group, dan field test. Teknik
pengumpulan data yang digunakan berdasarkan walktrough, dokumen, tes dan
angket. Setelah melalui tahap one-to-one, small group, dan validasi secara
deskriptif, soal diujicobakan pada tahap field test di kelas VIII SMP N 1
Padangsidimpuan. Hasil tes secara keseluruhan dengan nilai rata-rata kemapuan
penalaran matematis 56,07, termasuk pada kategori kemampuan penalaran
matematis yang cukup, walaupun masih ada siswa yang masuk pada kategori
kemampuan penalaran kurang. Dari hasil ini juga dapat dikatakan bahwa soal
serupa PISA yang dikembangkan dikategorikan dalam kriteria valid dan praktis
serta memiliki efek potensial terhadap kemampuan penalaran matematis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.711 Nas p |
Keywords: | kemampuan penalaran, PISA, soal matematika, space and shape |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 09:58 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37284 |