Thesalonika, Emelda (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS WEB DI SMP SWASTA METHODIS LUBUK PAKAM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176181005 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM. 8176181005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 8176181005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
4. NIM. 8176181005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
5. NIM. 8176181005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM. 8176181005 TABLE OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 8176181005 TABLE.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 8176181005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 8176181005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
13. NIM. 8176181005 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
14. NIM. 8176181005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Selama ini keberadaan media sangat membantu guru dan siswa dalam proses
belajar mengajar. Bagi guru, media merupakan suatu alat perantara yang digunakan
guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Bagi siswa, peran media sangat penting
untuk dapat meningkatkan kemampuannya memahami bidang studi IPS. Namun
demikian, kenyataan di lapangan dibutuhkan media yang mampu mengikuti abad 21
justru ditemukan adanya permasalahan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)
Proses pengembangan media pembelajaran IPS berbasis web pada siswa SMP kelas
VII; (2) Kelayakan media pembelajaran IPS berbasis; (3) Keefektifan media
pembelajaran IPS berbasis web. Metode penelitian yang digunakan untuk penyelesaian
permasalahan tersebut adalah penelitian pengembangan dengan penerapan model
ADDIE. Tempat pelaksanaan uji coba produk di SMP Methodis Lubuk Pakam dengan
jumlah responden untuk uji coba kelompok kecil 20 siswa dan untuk uji coba
keefektifan media dilakukan uji kelompok besar web dan non-web masing-masing
dengan 30 siswa. Alat atau instrumen pengumpul datanya adalah angket, dokumentasi,
dan wawancara. Hasil uji coba kepada siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan telah efektif dan valid berdasarkan aspek bahasa, isi/materi, dan penyaji-an.
Berdasarkan Hasil penelitian dan pengembangan ini ditemukan bahwa uji coba
kelompok kecil diperoleh terdistribusi normal dengan p (0,200) > α (0,05), pretest hasil
belajar mempunyai nilai signifikasi p(2,752) > α (0,05), sementara hasil uji homogenitas
posttest diperoleh dari nilai signifikansi p (2,266) > α (0,05). Dengan demikian media
IPS yang dikembangkan telah sesuai dengan hakekat ilmu IPS, memenuhi kriteria
kebenaran bahasa, dan tersaji dengan sajian yang relevan serta telah layak untuk
diproduk dan digunakan untuk siswa dan guru pada proses belajar dan mengajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 The p |
Keywords: | Media IPS, WEB |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 09:12 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 10:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37278 |