Simanjuntak, Launa Lenny Abadi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENTIFIC DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD KECAMATAN PARMAKSIAN KAB. TOBA SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166182025 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM. 8166182025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (571kB) | Preview
3. NIM. 8166182025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 8166182025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
5. NIM. 8166182025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 8166182025 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8166182025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 8166182025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. NIM. 8166182025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
13. NIM. 8166182025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 8166182025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media Video Pembelajaran Berbasis
Scientific Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Kecamatan Parmaksian Kab. Toba samosir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada
model pengembangan 4-D. Model pengembangan 4D dengan tahapan (1) tahap
define (2) tahap design (3) tahap develop (4) tahap Desimination. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa angket validasi ahli, angket respon guru dan
siswa serta tes hasil belajar. Lalu analisis data berupa analisis validasi ahli
dilakukan oleh ahli materi, bahasa dan media, analisis kepraktisan dilakukan
dengan angket guru dan siswa dan analisis keefektifan dilakukan dengan pretest
dan posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validasi ahli materi pada
penilaian kelayakan materi skornya sebesar 61 atau 80% dan berada pada kriteria
baik; (2) Validasi desain pembelajaran skornya 50 atau 89% berada pada kriteria
sangat baik; (3) Validasi bahasa skornya 98 atau 92% berada pada kriteria sangat
baik. Demikian pula dengan uji efektifitas produk terdapat perbedaan hasil belajar
siswa yang menggunakan video berbasis saintifik dapat disimpulkan bahwa video
berbasis saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai N-Gain
rata-rata 0,7 dimana dalam kategori tinggi. Hasil praktisi guru menyatakan bahwa
guru memerlukan video berbasis saintifik dalam proses pembelajaran sementara
siswa lebih senang belajar dan lebih memudahkan siswa dalam belajar
menggunakan video berbasis saintifik. Dengan demikian, video berbasis saintifik
dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sim p |
Keywords: | Video, Saintifik, Indahnya Kebersamaan |
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 03 Dec 2019 09:06 |
Last Modified: | 03 Dec 2019 10:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37277 |