Gultom, Yanti (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEKS DRAMA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBINGTINGGI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8166192031 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8166192031 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
3. NIM 8166192031 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 8166192031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
5. NIM 8166192031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 8166192031 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM 8166192031 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
8. NIM 8166192031 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM 8166192031 BAB I.pdf - Published Version
Download (475kB) | Preview
13. NIM 8166192031 BAB V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
14. NIM 8166192031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
Abstract
Penilaian autentik memberikan kesempatan pada guru untuk mengetahui
tingkatan perkembangan dalam diri siswa. Penilaian autentik dapat digunakan
untuk memperbaiki proses pembelajaran yang sesuai dengan standar penilaian
pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian
autentik pada pembelajaran teks drama untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 6
Tebingtinggi; mengkaji kualitas instrumen penilaian autentik pada pembelajaran
teks drama, dan menganalisis tingkat kemampuan siswa dalam menjawab soal
teks drama. Penelitian ini merujuk pada model pengembangan Borg & Gall. Jenis
data yang dikumpulkan dalam pengembangan ini adalah data deskriptif kuantitatif
sebagai data pokok yang terkumpul melalui angket dengan skala penilaian 1
sampai dengan 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan
instrumen penilaian autentik didasarkan penelitian dan pengumpulan informasi
pendahuluan, pengembangan produk awal, validasi materi dan evaluasi, revisi
produk, penilaian dan saran guru bahasa serta siswa, revisi, uji coba perorangan,
revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, uji coba lapangan terbatas, revisi hingga
produk dikatakan berkualitas berdasarkan valid dan layak digunakan untuk
pembelajaran; (2) Persentase rata-rata seluruh sub komponen dari hasil validasi
ahli materi I dan II adalah 88,83%. Jumlah persentase rata-rata seluruh sub
komponen oleh ahli evaluasi I dan II adalah 89%. Hasil respon guru terhadap
instrumen penilaian autentik pada pembelajaran teks drama yang dikembangkan
memiliki total presentase rata-rata 91,66%. Hasil respon siswa untuk instrumen
penilaian memperoleh hasil persentase rata-rata dari keseluruhan uji lapangan
terbatas adalah 92,71%. Disimpulkan bahwa seluruh hasil validasi dan penilaian
berada pada kriteria “sangat baik”; dan (3) Efektivitas pada instrumen penilaian
yang dikembangkan sebesar 80,97% dan efektivitas sebelum menggunakan
instrumen penilaian sebesar 68,56%. Oleh karena itu, tingkat kemampuan siswa
dalam menjawab soal teks drama meningkat setelah produk instrumen penilaian
autentik pada pembelajaran teks drama diterapkan dalam pembelajaran.
Penelitian ini berimplikasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya
pada materi teks drama, siswa dapat termotivasi untuk terus berusaha
memecahkan soal, sehingga mereka merasa tertantang untuk terus belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 812 Gul p |
Keywords: | instrumen, pembelajaran, teks, drama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition P Language and Literature > PQ Romance literatures P Language and Literature > PR English literature > PR621 Drama |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Nov 2019 05:05 |
Last Modified: | 30 Nov 2019 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37257 |