Lestari, Puteri (2019) PENGEMBANGAN VIDEO EKSPERIMEN FISIKA BERBASIS SAINTIFIK MATERI FLUIDA DINAMIS DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176176015 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8176176015 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
3. NIM 8176176015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM 8176176015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5. NIM 8176176015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
6. NIM 8176176015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM 8176176015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8176176015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8176176015 BAB I.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
13. NIM 8176176015 BAB V.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
14. NIM 8176176015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video eksperimen fisika
berbasis saintifik pada materi fluida dinamis yang telah dikembangkan meliputi
aspek validitas oleh ahli media dan materi; kepraktisan pengguna oleh guru dan
peserta didik; dan keefektifan. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D). Penelitian pengembangan video eksperimen fisika berbasis
saintifik menggunakan Borg & Gall yang menyatakan model pengembangan
terdiri dari sepuluh langkah yaitu: melakukan pengumpulan informasi;
melakukan perancangan; mengembangkan bentuk produk awal; melakukan uji
coba lapangan permulaan; melakukan revisi terhadap produk utama; melakukan
uji coba lapangan utama; melakukan revisi terhadap uji coba lapangan utama;
melakukan uji coba lapangan operasional; melakukan revisi terhadap produk
akhir; mendesiminasikan dan mengimplementasikan produk ke youtobe. Subjek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Muhammadiyah 18. Hasil
pengujian validitas oleh ahli media pada video 1 yaitu 88%, total aspek untuk
video 2 yaitu 93%, dan total aspek untuk video 3 yaitu 87%, sedangkan hasil
pengujian oleh ahli materi untuk video 1 yaitu 90 %, total aspek untuk video 2
yaitu 89,2%, dan total aspek untuk video 3 yaitu 90,7 %. Hasil angket guru untuk
video 1 adalah 4,3 dengan kategori sangat baik, untuk video 2 adalah 4,3 dengan
kategori sangat baik, untuk video 3 adalah 4,3 dengan kategori sangat baik,
sedangkan hasil angket peserta didik untuk video 1 mencapai 4,5 dengan kategori
sangat baik, untuk video 2 diperoleh 4,5 dengan kategori sangat baik dan untuk
video 3 mencapai 4,5 yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil pengujian
keefektifan berdasarkan n-gain memperoleh 0,74 dalam kategori sangat efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa video eksperimen fisika berbasis saintifik
telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.711 Les p |
Keywords: | Pengembangan, Video Eksperimen Fisika, Saintifik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound Q Science > QC Physics > QC669 Electromagnetic theory |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 29 Nov 2019 03:12 |
Last Modified: | 29 Nov 2019 03:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37237 |