NASUTION, KHAIRUNNISA (2019) Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) untuk Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2152111010 SAMPUL .pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 2152111010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
3. NIM. 2152111010 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 2152111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2152111010 DAFTAR ISI .pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM. 2152111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. NIM. 2152111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2152111010 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 2152111010 BAB I.pdf - Published Version
Download (393kB) | Preview
14. NIM. 2152111010 BAB V.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
15. NIM. 2152111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan pengembangan bahan ajar pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman (experiential learning) untuk siswa SMK Kelas XI Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengembangkan bahan ajar pada pembelajaran menulis cerpen, (2) mendeskripsikan kelayakan dan keefektifan penerapan bahan ajar pada pembelajaran menulis cerpen dalam pembelajaran pembelajaran, (3) menganalisis kemampuan siswa dalam mengerjakan bahan ajar. Penelitian ini menggunakan sampel 30 orang peserta didik dengan metode Research and Develompment (R&D) dengan model Borg and Gall sebagai pengembangan instruksional yang membantu proses pengembangan bahan ajar. Borg and Gall yang berarti Needs Assess (Analisis Kebutuhan), Design (Desain), Develop/Implement (Pengembangan dan Implementasi). Instrumen yang digunakan adalah angket check list, pada validasi tim ahli materi,ahli desain, dan guru bidang studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran menulis cerpen untuk siswa kelas XI SMK Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2018/2019. Tergolong dalam kategori “Sangat Baik”. Dapat dilihat dari hasil rata-rata penilaian tim ahli materi yang memperoleh skor 94,5% yang dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi materi, kelayakan isi penyajian, dan kelayakan bahasa. Hasil dari penilaian tim ahli desain memperoleh skor 91,5% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari kelayakan kegrafikan bahan ajar. Dan hasil penilaian dari materi selaku guru bidang studi memperoleh skor 93,79% yang dapat dikategorikan sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kelayakan isi, kelayakan materi, dan kelayakan bahasa. Dan diperkuat dari hasil uji coba produk pada uji coba kelompok kecil yang mencapai skor 82,4% dan uji coba kelompok besar dengan skor 94,53% yang dikategorikan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar pada pembelajaran menulis cerpen berbasis pengalaman (experiential learning) yang dikembangkan dengan menggunakan medel Borg and Gill dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 184 |
Keywords: | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR, TEKS CERPEN, BERBASIS PENGALAMAN |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 06:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37213 |