Efektivitas Penggunaan Planner 5D Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai.

MANULLANG, ZIHAN (2019) Efektivitas Penggunaan Planner 5D Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Binjai. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5153111050 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5153111050 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5153111050 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5153111050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5153111050 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5153111050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5153111050 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5153111050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5153111050 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5153111050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5153111050 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5153111050 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5153111050 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5153111050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5153111050 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5153111050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5153111050 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5153111050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5153111050 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5153111050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5153111050 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5153111050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan metode Penelitian Eksperimen Semu dengan pola Nonequivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi Planner 5D terhadap hasil belajar dan kualitas belajar pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung kelas XI DPIB T.A 2019/2020 yang berjumlah 67 orang yang terdistribusi dalam 2 kelas yaitu DPIB 1 dan DPIB 2. Peneliti melakukan pre-test untuk mengetahui kemampuan menggambar kedua kelas, kemudian dengan pemilihan biasa peneliti menetapkan DPIB 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 34 dan DPIB 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 33. Setelah melakukan penetapan kelas eksperimen dan kelas kontrol, maka peneliti melakukan perlakuan penggunaan aplikasi Planner 5D pada kelas eksperimen dan metode menggambar konvensional pada kelas kontrol. Kemudian dilakukan post-test pada masing-masing kelas untuk mengukur hasil belajar dan kualias belajar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post-test masing-masing kelas, diperoleh data bahwa kelas Planner 5D unggul 22,21 dibandingkan kelas menggambar konvensional atau 49,48% lebih efektif dan dengan bantuan Planner 5D memberikan sumbangan tertinggi sebesar 61% lebih cepat dibandingkan menggambar konvensional. Kemudian siswa dengan Planner 5D menunjukkan kualitas belajar yang lebih baik sebesar 30% dibandingkan siswa dengan metode menggambar konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BAN 060
Keywords: PLANNER 5D;MENGGAMBAR KONVENSIONAL;MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:33
Last Modified: 13 Mar 2020 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37212

Actions (login required)

View Item
View Item