NIRWANA, UTAMI (2019) Pengaruh Metode Edutainment terhadap Kemampuan Menelaah Struktur dan Kebahasaan Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2151111060 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2151111060 APRPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
3. NIM. 2151111060 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 2151111060 PREFACE.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM. 2151111060 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 2151111060 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 2151111060 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 2151111060 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
11. NIM. 2151111060 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
12. NIM. 2151111060 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
13. NIM. 2151111060 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah bagaimana pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pantun siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2018/2019. Sehingga bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode edutainment terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pantun siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2018/2019. Populasi penelitian ini berjumlah 324 siswa. Dari jumlah populasi ditetapkan 36 siswa yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test post test design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perolehan data menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menelaah struktur dan kebahasaan pantun sebelum menggunakan metode edutainment termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh siswa adalah 69,94, sedangkan kemampuan siswa menelaah struktur dan kebahasaan pantun sesudah menggunakan metode edutainment termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 83,75. Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan thitung (7,84) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan α= 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti ada pengaruh metode edutainment terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pantun siswa kelas VII SMP Negeri 4 Tanjung Morawa tahun pembelajaran 2018/2019. Hal ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan pantun sesudah menggunakan metode edutainment lebih baik daripada hasil pembelajaran sebelum menggunakan metode edutainment, berpengaruh positif terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan pantun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 185 |
Keywords: | Metode Edutaiment, Struktur, Dan Kebahasaan Pantun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37210 |