Perapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020.

NURAINUN (2019) Perapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 7153342029 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7153342029 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7153342029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7153342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (750kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 7153342029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM 7153342029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7153342029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7153342029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 7153342029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 7153342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7153342029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7153342029 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7153342029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7153342029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7153342029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7153342029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 7153342029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 7153342029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 7153342029 CHAPTER II.pdf]
Preview
Text
10. NIM 7153342029 CHAPTER II.pdf - Published Version

Download (658kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM 7153342029 CHAPTER III.pdf]
Preview
Text
11. NIM 7153342029 CHAPTER III.pdf - Published Version

Download (673kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 7153342029 CHAPTER IV.pdf]
Preview
Text
12. NIM 7153342029 CHAPTER IV.pdf - Published Version

Download (878kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7153342029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7153342029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7153342029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7153342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 7153342029 ENCLOSURE.pdf]
Preview
Text
15. NIM 7153342029 ENCLOSURE.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kativitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa yang diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 orang siswa (38,9%) yag termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria aktif meningkat menjadi 29 orang siswa (80,6%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 68,61 dengan siswa yang tuntas 10 orang siswa (27,8%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 72,8 dengan siswa yang tuntas 13 orang siswa (36,11%) dan meningkat dihasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 80,55 dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 orang (80,55%). Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Kas Kecil di Kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 AKT 231
Keywords: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 28 Nov 2019 11:33
Last Modified: 30 Sep 2021 05:10
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37204

Actions (login required)

View Item
View Item