NURAINUN (2019) Perapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7153342029 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM 7153342029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
3. NIM 7153342029 PREFACE.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. NIM 7153342029 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
5. NIM 7153342029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6. NIM 7153342029 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM 7153342029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 7153342029 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 7153342029 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
10. NIM 7153342029 CHAPTER II.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
11. NIM 7153342029 CHAPTER III.pdf - Published Version
Download (673kB) | Preview
12. NIM 7153342029 CHAPTER IV.pdf - Published Version
Download (878kB) | Preview
13. NIM 7153342029 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
14. NIM 7153342029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
15. NIM 7153342029 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kativitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020 melalui Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian ini adalah Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.
Dari lembar observasi aktivitas siswa yang diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I terdapat 14 orang siswa (38,9%) yag termasuk dalam kriteria aktif. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria aktif meningkat menjadi 29 orang siswa (80,6%). Dari hasil analisis data diperoleh data tes hasil belajar dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 68,61 dengan siswa yang tuntas 10 orang siswa (27,8%) dan post-test siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 72,8 dengan siswa yang tuntas 13 orang siswa (36,11%) dan meningkat dihasil post-test siklus II dengan nilai rata-rata 80,55 dengan siswa yang tuntas sebanyak 29 orang (80,55%). Berdasarkan analisis diatas, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi Kas Kecil di Kelas XI AK 1 SMK PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 231 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Akuntansi, Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:33 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 05:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37204 |