Naibaho, Mey Theresia (2019) Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan SMK Negeri Se-Kota Madya Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143311009 COVER.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
2. NIM. 5143311009 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (837kB) | Preview
3. NIM. 5143311009 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
4. NIM. 5143311009 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
5. NIM. 5143311009 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
6. NIM. 5143311009 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
7. NIM. 5143311009 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
8. NIM. 5143311009 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
9. NIM. 5143311009 BAB I.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
13. NIM. 5143311009 BAB V.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
14. NIM. 5143311009 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Menjelaskan Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri Se-Kota Madya Medan T.A 2018/2019. Skripsi Fakultas Teknik UNIMED, Medan 2019 dengan jumlah responden 98 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuanlitatif, berdasarkan uji coba instrument didapat hasil ; (1)variabel Persepsi Siswa Tentang Keterampilan menjelaskan Guru (X1) 24 Valid, reabilitas sangat tinggi sebesar 0,93. (2)variabel Minat Belajar (X2) 23 Valid, reabilitas tinggi sebesar 0,767. (3)variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) 31 Valid, reliabilitas sangat tinggi sebesar 0,905. Hasil Uji normalitas dengan Liliefors masing-masing variabel penelitian yaitu: (1)variabel Persepsi Siswa tentang Keterampilan Menjelaskan Guru (X1) yaitu Lhitung< Ltabel yaitu 0,0077 < 0,0895, berdistribusi normal. (2)variabel Minat Belajar (X2) yaitu Lhitung< Ltabel yaitu 0,0786 < 0,0895, berdistribusi normal. (3)variabel Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) ) yaitu Lhitung = 0,0289 < Ltabel = 0,0895, berdistribusi normal. Hasil penelitian diperoleh yaitu (1) Persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan positif dan berarti dengan hasil belajar menggambar teknik. Dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,3500 > 0,1986. (2)Minat belajar dikategorikan cenderung cukup dan mempunyai hubungan yang positif dan berarti dengan hasil belajar menggambar teknik. Dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,2486 > 0,1986. (3)Terdapat hubungan yang positif dan berarti secara bersama-sama antara persepsi siswa tentang keterampilan menjelaskan guru dan minat belajar dengan hasil belajar menggambar teknik pada siswa kelas X DPIB SMK Negeri Se-kota Madya Medan T.A 2018/2019. Dibuktikan dengan hasil perhitungan korelasi antar variabel dengan nilai rhitung > rtabel yaitu 0,6521 > 0,1986 pada taraf signifikasi 5%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 061 |
Keywords: | Keterampilan Menjelaskan, minat belajar, hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37177 |