SYAHPUTRI, LILI AGUS (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153311022 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 5153311022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (777kB) | Preview
3. NIM 5153311022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
4. NIM 5153311022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
5. NIM 5153311022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM 5153311022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 5153311022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM 5153311022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. NIM 5153311022 BAB I.pdf - Published Version
Download (716kB) | Preview
13. NIM 5153311022 BAB V.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
14. NIM 5153311022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran DDKBTPT pada siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus yang mana masing-masing siklus terdiri atas 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan sebanyak 34 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kognitif hasil belajar dalam bentuk objektif tes dengan pilihan berganda sebanyak 60 soal dengan empat option pillihan, dimana 30 soal untuk siklus pertama dan 30 soal untuk siklus kedua. Sebelum tes hasil belajar diberikan terlebih dahulu tes hasil belajar diuji coba, validitas tes, reliabilitas tes, tingkat kesukaran tes, dan daya pembeda tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan hasil kelulusan siswa pada siklus I 73,53% dengan nilai rata-rata 77,41 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar pada kategori kompeten sebanyak 100% dengan nilai rata-rata 88,10. Dengan demikian hasil belajar kognitif pada siklus I dan II mengalami peningkatan sebesar 13,807%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Bisnis Konstruksi Dan Properti Di SMK Negeri 2 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 062 |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37175 |