ULFA, ISNAINI (2019) HUBUNGAN PEMANFAATAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI KELAS XI MIA MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141028 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4151141028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 4151141028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM. 4151141028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4151141028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6. NIM. 4151141028 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 4151141028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 4151141028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM. 4151141028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
13. NIM. 4151141028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4151141028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar biologi pada materi Jaringan Tumbuhan kelas XI MIA MAN 3 Medan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 3 Medan yang terdiri atas 5 kelas dan guru bidang studi biologi sebanyak 3 orang. Sampel pada penelitian ini terdiri dari kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 yaitu sebanyak 68 siswa dan guru sebanyak 1 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik random sampling (acak). Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada siswa, penyebaran tes, observasi dan melakukan wawancara. Hasil penelitian ini ada empat hal, yaitu mengenai persentase pemanfaatan laboratorium, hubungan pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar kemampuan kognitif, hubungan pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar kemampuan psikomotorik dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan praktikum siswa kelas XI MIA di MAN 3 Medan. Pemanfaatan laboratorium tergolong tinggi dengan persentase 72,45%. Terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan laboratorium terhadap hasil belajar pada kemampuan kognitif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,719 > 0,235 kontribusi sebesar 51,69% dan pada kemampuan psikomotorik dengan nilai koefisien korelasi 0,520 > 0,235 dan kontribusi sebesar 27,04%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 296 |
Keywords: | Pemanfaatan Laboratorium; Hasil Belajar; Kognitif; Psikomotorik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37171 |