SITUMORANG, MAYANTINA (2019) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa dengan Menggunakan Model Probing Prompting Pada Tema Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1153311049_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1153311049_LEMBAR PERSETUJUAN & RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
3. NIM. 1153311049_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1153311049_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM. 1153311049_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
6. NIM. 1153311049_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7. NIM. 1153311049_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8. NIM. 1153311049_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 1153311049_BAB I.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
14. NIM. 1153311049_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
13. NIM. 1153311049_BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa yang masih tergolong rendah dengan menerapkan model pembelajaran probing prompting. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian oleh Arikunto yang berbentuk siklus dengan empat tahap penelitian, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini berlangsung di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan. Teknik Analisis data yang digunakan adalah tes berbicara dan observasi kegiatan siswa dan guru. Di Siklus I pertemuan I data menunjukkan bahwa tingkat keterampilan siswa dalam aspek berbicara hanya mencapai 33,3% atau hanya 10 siswa dengan katagori terampil. Sedangkan siswa yang tidak terampil sebanyak 20 orang siswa yaitu dengan persentase 66,6% dengan nilai rata-rata 56,3%. Selanjut di Siklus I pertemuan II terdapat 16 orang yang tidak terampil berbicara dengan persentase 53,2% dan 14 orang siswa yang masuk katagori terampil dengan persentase 46,6% dengan rata-rata 60,26%. Kemudian digunakan metode probing prompting ini, di siklus II pertemuan I terdapat 4 orang siswa yang belum terampil dalam berbicara atau 13,3% kemudian siswa yang sudah terampil dalam berbicara 26 orang siswa dalam berbicara atau dipersentasekan menjadi 86,6% dengan rata-rata 67,8% meningkat sehingga hampir mencapai sempurna. Di Siklus II pertemuan kedua terdapat 2 orang siswa yang belum terampil berbicara dengan persentase 6,7% dan siswa yang terampil berbicara terdapat 28 orang siswa yaitu 93,3% dengan nilai rata-rata 72,76%.
Berdasarkan Hasil Observasi Guru (peneliti) pada siklus I pertemuan I hasil observasi peneliti sebesar 78% sedangkan pertemuan kedua menjadi 81%. Di siklus II pertemuan I terdapat hasil observasi sebesar 90% dan pertemuan ke dua sebesar 96%. Berdasarkan hasil maka dapat disimpulkan bahwa peneliti mengajar dalam katagori baik. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada Tema Organ Gerak hewan dan Manusia di Kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia T.A 2019/2020
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 263 |
Keywords: | Keterampilan Berbicara, Probing Prompting |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:32 |
Last Modified: | 11 Mar 2020 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37168 |