NDRAHA, LEASMAN (2019) Pengaruh Partisipasi anggaran dan Umpan Balik Anggaran (dengan Kinerja Manajerial sebagai variabel intervening) terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) Swasta di Kota Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7151220017 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM. 7151220017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
3. NIM. 7151220017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 7151220017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM. 7151220017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM. 7151220017 TABLE.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7. NIM. 7151220017 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM. 7151220017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
9. NIM. 7151220017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 7151220017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
14. NIM. 7151220017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh partisipasi anggaran dan umpan balik anggaran yang di mediasi oleh kinerja manajerial terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) swasta di kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kota Medan sebanyak 405 sekolah, dimana 157 adalah SMK Swasta dan 248 adalah SMA Swasta Namun, dari populasi tersebut terdapat 31 sekolah yang menjadi sampel penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan memperhatikan sumber daya dan kesediaan sekolah. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari instansi lembaga pendidikan/sekolah dengan menggunakan daftar pertanyaan dalam bentuk kuisioner sedangkan data sekunder diperoleh dari rata-rata nilai Ujian Nasional tahun 2019 dari sekolah yang bersangkutan. Data tersebut dapat dilihat di website http://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur dengan bantuan program SPSS. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung 1,372 ˂ t tabel 2,048 dengan nilai signifikansi 0,181 ˃ 0,05 dan umpan balik anggaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan nilai t hitung 0,602 ˂ t tabel 2,048 dengan nilai signifikansi 0,552 ˃ 0,05. Sedangkan jika melalui variabel kinerja manajerial partisipasi anggaran dan umpan balik anggaran juga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar dengan masing-masing nilai T hitung 0,3054 ˂ T tabel 2,052 dan nilai signifikansi 0,634 ˃ 0,05 untuk partisipasi anggaran, serta nilai T hitung 0,1264 ˂ T tabel 2,052 dan nilai signifikansi 0,385 ˃ 0,05 untuk umpan balik anggaran. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, partisipasi anggaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Secara parsial, umpan balik anggaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar. Melalui variabel intervening kinerja manajerial, partisipasi anggaran dan umpan balik anggaran juga tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 AKT 235 |
Keywords: | PARTISIPASI ANGGARAN, UMPAN BALIK ANGGARAN, KINERJA MANAJERIAL, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37144 |