Darma, Putri Kesuma (2019) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI SMP SWASTA AN-NIZAM MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4151111074 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2 NIM. 4151111074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3 NIM. 4151111074 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
4 NIM. 4151111074 PREFACE.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
5 NIM. 4151111074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6 NIM. 4151111074 TABLES.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
7 NIM. 4151111074 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
8 NIM. 4151111074 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
9 NIM. 4151111074 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (725kB) | Preview
13 NIM. 4151111074 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
14 NIM. 4151111074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (479kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Upaya apa yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX - Hasan melalui metode penemuan terbimbing di SMP Swasta AN-Nizam Medan dan, (2) bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas IX-Hasan SMP Swasta AN-Nizam Medan setelah diterapkan metode penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing siklus dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-Hasan SMP Swasta AN-Nizam Medan yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Lembar observasi guru dan siswa, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Tes dilakukan sebanyak tiga kali yaitu, tes awal, tes kemampuan pemahaman konsep matematis I, dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis II. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan : (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum diberi tindakan yaitu siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 3 siswa (10,34%), dan 26 siswa (89,66%) belum mencapai ketuntasan belajar. (2) setelah diberi tindakan pada siklus I diperoleh siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 15 siswa (51,72%) dan 14 siswa (48,28%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. (3) Pada siklus II diperoleh jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 25 siswa (86,20%) dan 4 siswa (13,80%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, sehingga dari siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan sebesar 34,48%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Swasta AN-Nizam Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 254 |
Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Metode Penemuan Terbimbing, Persamaan Kuadrat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:31 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37135 |