MARDIANSYAH, EKO PUTRA (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Adobe Captivate Pada Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik Kelas XI SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5132131003 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 5132131003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (956kB) | Preview
3. NIM. 5132131003 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 5132131003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
5. NIM. 5132131003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
6. NIM. 5132131003 TABLES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM. 5132131003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 5132131003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 5132131003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13. NIM. 5132131003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
14. NIM. 5132131003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Adobe Captivate pada pembelajaran
Instalasi Tenaga Listrik kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta
Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan
media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi Adobe Captivate pada
pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan
Deli. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan R&D (research and
development) yang mengacu pada model pengembangan prosedural yang
dikembangkan oleh Borg and Gall dengan beberapa tahap yaitu, (1) pengumpulan
informasi awal, (2) perencanaan, (3) pengembangan format produk awal, (4) uji
coba awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, (7) revisi produk lapangan,
(8) uji lapangan, (9) revisi produk akhir, (10) desiminasi dan distribusi. Jenis
pengembangan produk dengan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari tiga tahap
yaitu Need Assessment (tahap analisis keperluan), Design (tahap desain), dan
Develop/Implement (tahap pengembangan dan implementasi). Hasil penelitian
menyatakan bahwa memenuhi kriteria sangat baik dengan hasil uji validasi ahli
materi dengan nilai rata-rata 4,46 dan hasil uji ahli media dengan nilai rata-rata
4,32. Hasil uji coba lapangan dengan nilai rata-rata 4,14. Hal ini menunjukan bahwa
produk yang dikembangkan media pembelajaran efektif dan layak digunakan
dalam pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 061 |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Captivate, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK4001 Applications of electric power |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:30 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37097 |