SYAFII, AHMAD (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 5 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5143122003 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5143122003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
3. NIM. 5143122003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
4. NIM. 5143122003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 5143122003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
6. NIM. 5143122003 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM. 5143122003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5143122003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
9. NIM. 5143122003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 5143122003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 5143122003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan model pembelajaran project based learning dan Discovery learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomotif pada siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020. Penelitan ini menggunakan metode posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 5 Medan dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa pilihan ganda 28 soal dengan 5 alternatif pilihan, untuk mengukur hasil belajar psikomotorik pada mata pelajaran teknologi dasar otomotif berupa observasi. Teknik analisis data melalui uji normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan Fischer. Analisis data tersebut dilanjutkan dengan uji t. Dengan kriteria hipotesis diterima apabila menunjukkan thitung> ttabel pada = 0,05. Berdasarkan penelitian data posttes pada ranah kognitif thitung = 2,148 sedangkan nilai ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Data posttes pada ranah psikomotorik thitung = 2,37 sedangkan nilai ttabel = 2,001 sehingga dapat disimpulkan thitung > ttabel, maka dengan ini Ho ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang lebih tingggi dan signifikan menggunakan model pembelajaran project based learning dibandingkan menggunakan model pembelajaran Discovery learning terhadap hasil belajar teknologi dasar otomtoif di SMK Negeri 5 Medan T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 OTM 044 |
Keywords: | model pembelajaran; project based learning; discovery learning; hasil belajar; teknologi dasar otomotif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37081 |