S PANDIA, DODI PRANATA (2019) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENGAMBAR MESIN PADA SISWA SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121006 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 5123121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
3. NIM. 5123121006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
4. NIM. 5123121006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM. 5123121006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM. 5123121006 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM. 5123121006 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5123121006 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM. 5123121006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
13. NIM. 5123121006 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 5123121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya: (1) hubungan gaya belajar dengan hasil belajar menggambar teknik (2) hubungan minat belajar dengan hasil belajar menggambar teknik, (3) hubungan gaya belajar dan minat belajar dengan hasil belajar menggambar teknik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang berjumlah 47 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total Sampling, dengan sampel penelitiannya diambil secara keseluruhan = 47 siswa dengan taraf signifikan 5 %. Data penelitian ini dikumpulkan dengan angket dan dokumentasi dimana data penelitian yang dijaring dengan angket adalah variabel gaya belajar dan minat belajar. Sedangkan untuk variabel hasil belajar Menggambar Teknik dijaring dengan menggunakan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan deskriptif korelasional, persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linieritas, untuk uji hipotesis dilakukan uji koefisien korelasi antar variabel, dan dengan korelasi product momen, uji Korelasi Parsial dan Korelasi Ganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Teknik sebesar rhitung > rtabel yaitu 0,737> 0,288 dan besar (7,313> 2,69) pada taraf signifikansi 5%. Dan terdapat korelasi antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik sebesar rhitung> rtabel yaitu 0,794> 0,288 dan besar (8,765> 2,69) pada taraf signifikansi 5%. Dengan Fh > Ft atau 47,175> 3,21 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi antara variabel Gaya Belajar (X1) dan Minat Belajar (X2) dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik (Y) yaitu : Ŷ = 10,49 + 0,3 X1 + 0,58 X2 adalah berarti pada α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis bahwa terdapat: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa kelas XI jurusan teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Lubuk Pakam (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa kelas XI jurusan teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Lubuk Pakam (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara Gaya Belajar dan Minat Belajar secara bersama-sama dengan Hasil Belajar Menggambar Teknik siswa kelas XI jurusan teknik Fabrikasi Logam SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MSN 097 |
Keywords: | Gaya belajar; minat belajar; hasil belajar menggambar teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37063 |