YUHA LUBIS, MUHAMMAD RIDWAN (2019) Pengembangan Media Komik Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMK Negeri 4 Medan Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3143121023 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 3143121023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM. 3143121023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. NIM. 3143121023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 3143121023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
6. NIM. 3143121023 TABLES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 3143121023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 3143121023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 3143121023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
13. NIM. 3143121023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
14. NIM. 3143121023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui cara mengembangkan media komik dalam pembelajaran sejarah, (2) Mengetahui kelayakan penggunaan media komik dalam pembalajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penulisan pengembangan (Research and Development). Berdasarkan hasil penulisan dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengembangan media komik mengacu pada tahap pengembangan Borg dan Gall dan dick and Carey. Hasil dari penelitian pengembangan ini ialah pengembangan media komik dalam pembelajaran sejarah. Berdasarkan data yang di peroleh dari validasi ahli media, validasi ahli materi, dan uji lapangan. Adapun hasil dari uji kelayakan media tersebut ialah penilaian ahli media sebesar 80% yang termasuk dalam katergori “ Valid” dan penilaian ahli materi sebesar 80 % yang termasuk dalam kriteria “Valid”. Sementara penilaian siswa dalam tahap uji one to one, uji Kelas kecil, dan uji kelas besar masing-masing 81,7%; 83%; dan 83,7%. Nilai 81,7% dalam uji One to one termasuk dalam kriteria “Valid”, nilai 83% dalam uji Kelas Kecil termasuk dalam kriteria “Valid”, dan nilai 83,7 % dalam uji Kelas Besar termasuk dalam kriteria valid. Dengan demikian, pengembangan media komik dalam pembelajaran sejarah layak di gunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 SJRH 152 |
Keywords: | PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK, PEMBELAJARAN SEJARAH |
Subjects: | L Education > LA History of education L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:29 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37062 |