SIMBOLON, AGUSTINA (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153141002 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
2. NIM. 4153141002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
3. NIM. 4153141002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 4153141002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
5. NIM. 4153141002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 4153141002 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 4153141002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4153141002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4153141002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
13. NIM. 4153141002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4153141002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis project based learning pada materi keanekaragaman hayati yang layak dan efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar serta mengetahui tingkat kelayakan dan keefektifan LKPD tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Pengembangan LKPD ini divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, dan ahli desain grafis yang selanjutnya diberikan kepada guru bidang studi Biologi dan peserta didik kelas X MIA 1 SMA Negeri 4 Binjai untuk memperoleh respon sebagai pengguna LKPD. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kelayakan LKPD menurut para ahli adalah sangat layak dengan rata-rata persentase kelayakan oleh ahli materi 88%, nilai persentase kelayakan oleh ahli pembelajaran 86,7%, dan nilai persentase kelayakan oleh ahli desain grafis adalah 94,7%. Respon dari guru Biologi menunjukkan bahwa LKPD ini sangat layak dengan rata-rata persentase 94,7% dan respon dari peserta didik 88,7% pada kategori layak. Dari hasil uji t yang sudah dilakukan dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan berupa peningkatan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest dengan perolehan nilai signifikansi 0.000<0,05. Kemudian analisis efektivitas penggunaan LKPD ini dilakukan dengan uji N-Gain. Perolehan rata-rata skor N-Gain yang dianalisis dari nilai pretest dan posttest yakni sebesar 0,67 yang termasuk kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk LKPD berbasis project based learning pada materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan oleh peneliti layak dan cukup efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar pendukung dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 317 |
Keywords: | PENGEMBANGAN, LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD), PROJECT BASED LEARNING, KEANEKARAGAMAN HAYATI |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 04:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37045 |