Tarigan, Julya Florentina (2019) Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Subtema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V SD N 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1153311038_COVER.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
2. NIM.1153311038_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM.1153311038_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM.1153311038_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
5. NIM.1153311038_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
6. NIM.1153311038_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.1153311038_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM.1153311038_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
9. NIM.1153311038_BAB I.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
13. NIM.1153311038_BAB V.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
14. NIM.1153311038_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik pada siswa kelas V SD N 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dimana penelitian ini dilaksanakan di SD N 106811 Bandar Setia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N 1068 Bandar Setia Pembelajaran 2019/2020 yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 60 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar tematik berbentuk soal pilihan berganda. Tes dilakukan sebanyak dua kali, yaitu tes awal (pre-tes) dan tes akhir (post-tes) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validitas, realibitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data, sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswayang diajarakan dengan model Two Stay Two Stray (TSTS) (yang pada awalnya X ̅ =50,16 dan S 9,42 menjadi X ̅=84,5 dan S 9,94) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (yang pada awalnya X ̅ = 49,44 dan S = 9,25 menjadi X ̅ = 63,66 dan S = 9,90). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada = 0,05 dan dk (n+n_1)-2 diperoleh t_hitung > t_tabel (8,162 > 1,671), maka H_O ditolak H_a diterima. Kesimpulanya adalah hasil belajar tematik yang diajarkan dengan model pembelajaran
Two Stay Two Stray (TSTS) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar tematik dengan menggunakan metode konvesional pada kelas V SD N 106811 T.A 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 PGSD 266 |
Keywords: | Model Pembelajaran Two Stay Two Stary (TSTS), Metode Pembelajaran Konvensional dan Hasil Belajar Tematik |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:28 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37040 |