JUNIARTI, FITRI DINA (2019) ANALISIS SOAL BUATAN GURU BAHASA INDONESIA BERDASARKAN TAKSONOMI THE STRUCTURE OF THE OBSERVED LEARNING OUTCOME (SOLO) SMP NEGERI 34 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 2152111005 COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 2152111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
3. NIM. 2152111005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 2152111005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM. 2152111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
6. NIM. 2152111005 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 2152111005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 2152111005 LIST OF GRAPHIC.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 2152111005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
13. NIM. 2152111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis soal buatan guru bahasa indonesia berdasarkan taksonomi the structure of the observed learning outcome (SOLO) SMP Negeri 34 Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII, kelas VIII, dan kelas IX berjumlah 3 orang guru. Objek pada penelitian adalah soal ulangan tengah semester semester genap bahasa Indonesia sebanyak 60 soal. Metode penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kumpulan soal buatan guru bahasa Indonesia. Instrument penelitian berupa tes objektif pilihan ganda dengan empat alternative jawaban. Hasil analisis data diketahui bahwa analisis soal buatan guru bahasa Indonesia kelas VII pada level unistruktural 25%, level multistruktural 10%, level relasional 10%, dan level abstrak diperluas 0%, sehingga 45% soal atau pertanyaan yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia kelas VII sudah memenuhi keempat kategori taksonomi SOLO, meskipun jika dilihat dari standar skor termasuk dalam kategori kurang. Soal buatan guru bahasa Indonesia kelas VIII pada level unistruktural 20%, level multistruktural 5%, level relasional 10%, dan level abstrak diperluas 0%, sehingga 35% soal atau pertanyaan yang dibuat guru oleh guru bahasa Indonesia kelas VIII sudah memenuhi keempat kategori taksonomi SOLO, meskipun jika dilihat dari standar skor termasuk dalam kategori kurang dan lebih rendah dari kelas VII. Soal buatan guru bahasa Indonesiaa kelas IX pada level unistruktural 15%, level multistruktural 25%, level relasional 10%, dan level abstrak diperluas 20%, sehingga 70% soal atau pertanyaan yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia kelas IX sudah memenuhi keempat kategori taksonomi SOLO, meskipun jika dilihat dari standar skor termasuk dalam kategori cukup dan lebih tinggi dibandingkan soal kelas VII dan kelas VIII. Namun demikian, analisis soal buatan guru bahasa Indonesia SMP Negeri 34 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 sudah baik dan memenuhi kategori dari taksonomi the structure of the observed learning outcome (SOLO) sehingga dapat segera diuji coba kepada siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman mereka selama mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 IND 187 |
Keywords: | Analisis, Soal Buatan Guru, Taksonomi The Structure Of The Observed Learning Outcome (SOLO) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 07:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37029 |