HARAHAP, ABDUL RAHMAN (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Siswa Kelas XI2 Teknik Instalasi Penerangan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.5133331026 COVER.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
02. NIM.5133331026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
03. NIM.5133331026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
04. NIM.5133331026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
05. NIM.5133331026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
06. NIM.5133331026 TABLES.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
07. NIM.5133331026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
08. NIM.5133331026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
09. NIM.5133331026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (753kB) | Preview
13. NIM.5133331026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
14. NIM.5133331026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi multimedia yang diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran serta memberi contoh kepada guru atau tenaga pendidik dalam pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar, sehingga tergerak untuk menciptakan media yang sejenis, Penelitian ini dilakasanakan di kelas XI 2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development, maksudnya adalah penelitian dan membangun sebuah produk, tahapan ini di mulai dari melihat permasalahan yang di suatu kelas, setelah masalah ditemukan maka dikumpulkan data – data yang dibutuhkan untuk membagun media interaktif, tahapan selanjutnya adalah mendesain produk multimedia, pada tahapan desain ini di gunakan model penelitian ADDIE, setelah desain terbentuk selanjutnya multimedia interaktif ini divalidasi dari ahli media dan ahli materi, setelah dinyatakan layak maka dilakukan uji coba skala kecil dan direvisi awal setelah diperbaiki di lakukan kembali uji coba skala besar dan di hitung jika masih diperlukan revisi maka dilakukan revisi kembali, jika tidak ada revisi maka aplikasi multimedia interaktif ini dapat diproduksi atau di publikasikan.
Hasil penelitian ini divalidasi oleh 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi dan oleh pengguna atau siswa yang dilakaukan dengan 2 tahap yaitu tahap I (skala kecil) dengan 5 orang siswa lalu tahap II (skala besar) dengan 25 orang siswa. Hasil validasi media diperoleh skor 4,53 (sangat layak), validasi dari ahli materi diperoleh skor 3,75 (layak), dan validasi dari pengguna/siswa tahap I diperoleh skor 4,44 (akseptansi sangat tinggi), serta validasi dari pengguna/siswa tahap II diperoleh skor 4,32 (akseptansi sangat tinggi). Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik di kelas XI TIPTL SMK N 1 Percut Sei Tuan dinyatakan sangat layak digunakan pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 ELK 062 |
Keywords: | MULTIMEDIA INTERAKTIF, R DAN D, ADDIE, VALIDASI, HASIL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 28 Nov 2019 11:27 |
Last Modified: | 03 Mar 2020 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37021 |